< Marketing

Trik Online Marketing Agar Tidak Mengganggu Customer

Trik Online Marketing Agar Tidak Mengganggu Customer

Marketing

Teknik marketing dilakukan untuk menarik pelanggan agar membeli produk yang Anda tawarkan. Namun, tak jarang teknik yang dilakukan terasa mengganggu sehingga bukannya membeli, customer cenderung menghindari karena merasa terganggu. Nah, bagi Anda para pebisnis online ada cara-cara yang perlu Anda perhatikan agar teknik marketing Anda tidak mengganggu customer. Check this out!

1. Hormati Customer
Hal pertama yang paling penting harus Anda lakukan adalah harus menghormati customer. Memang di satu sisi Anda menginginkan produk Anda dikenal oleh masyarakat luas, namun hal ini sebaiknya dilakukan secara perlahan. Hindari menggunakan taktik marketing yang terlalu sering dan mengganggu seperti misalnya remarketing, karena hal tersebut seperti membuat produk Anda terus ‘menghantui’ customer. Hal ini bisa menyebabkan iklan Anda dinilai annoying karena muncul secara terus menerus.

2. Lakukan Personalisasi Marketing
Teknik marketing yang satu ini memiliki tingkat gangguan yang paling rendah. Personalisasi ini dilakukan dengan cara mengenal customer. Seperti misalnya hari ini seorang customer membeli smartphone dari perusahaan e-commerce Anda, seminggu kemudian bisa Anda tawarkan aksesoris smartphone atau gadget pendukung seperti power bank agar customer merasa produk yang Anda tawarkan penting karena berkaitan dengan produk yang telah ia beli sebelumnya.

3. Seimbangkan Effort Marketing dengan Tingkat Gangguan
Setelah Anda melakukan serangkaian teknik marketing, saatnya Anda menilai apakah teknik tersebut mengganggu para customer dan calon customer atau tidak. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara memerhatikan analytics seperti mencari tahu kenapa customer meninggalkan website Anda. Atau ketika ada customer yang melakukan unsubscribe newsletter Anda, berikan cara berlangganan yang lain agar Anda bisa keep in touch dengan customer. Intinya adalah perkuat analisis tingkat gangguan agar customer tidak meninggalkan Anda.

4. Manfaatkan Survei
Tidak ada salahnya melakukan survei kepada para pelanggan untuk mempelajari pendapat customer tentang teknik marketing yang Anda lakukan. Dengan menerima feedback Anda bisa terus meningkatkan kinerja demi terus memegang kepercayaan para customer. Selamat mencoba!