Friday, November 22, 2019
Tips
Tips

Trik Sederhana Agar Tidur Malam Lebih Nyenyak

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
04, July 2019
683

Semua orang butuh tidur, selain penting untuk kesehatan fisik, tidur juga berfungsi menjaga kesehatan emosional. Rata-rata orang dewasa butuh 7 – 9 jam per malam untuk tidur. Namun, tidak sedikit orang yang tidak bisa merasakan tidur nyenyak karena satu dan lain hal. Alih-alih mendapatkan tubuh dan pikiran yang rileks, justru tubuh dan pikiran terasa semakin berat karena tidur yang tidak nyenyak dan berkualitas. Berikut cara sederhana agar bisa tidur nyenyak setiap malam.

1. Jauhkan Ponsel

Jika digunakan pada siang hari, cahaya biru yang dipancarkan layar membantu pengguna untuk dapat melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari. Namun, saat malan hari terutama dalam keadaan ruangan yang gelap, cahaya biru justru berdampak buruk pada kualitas mata. Selain itu, terlalu lama bermain ponsel sebelum tidur dapat membuat otak pengguna kelelahan, jika sudah begitu aktivitas keesokan hari bisa terganggu karena otak terlalu lelah untuk bekerja.

2. Mengonsumsi Makanan Tertentu

Agar bisa tidur nyenyak, pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan berlemak, minum alkohol atau minum minuman berenergi. Tubuh butuh banyak waktu untuk mencerna ketiga hal tersebut. Jauh lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan kaya akan protein dan vitamin, seperti kacang badan, buah kiwi atau pisang.

3. Minum Air Hangat

Meski banyak orang yang menghindari minum air sebelum tidur dengan alasan tidak ingin buang air kecil di malam hari, ternyata minum air hangat sebelum tidur berdampak baik bagi kesehatan. Air hangat membantu memecah makan malam Anda lebih cepat, bahkan dapat melarutkan makanan yang tidak diinginkan oleh saluran pencernaan. Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik bisa mengurangi kadar stres dan depresi.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration