< Recreation

Saksi Bisu Deklarasi Kemerdekaan

Saksi Bisu Deklarasi Kemerdekaan

Recreation Selasa – Minggu: 08.00 – 20.00 WIB

Banyak situs bersejarah di Indonesia menjadi saksi bisu berbagai peristiwa penting, seperti Deklarasi Kemerdekaan. Di Jakarta sendiri terdapat sejumlah situs yang menyimpan sejarah kuat bagaimana perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan. Salah satunya adalah Tugu Proklamasi atau Tugu Petir.

Tempat ini dulunya merupakan tempat di mana Sukarno dan Mohammad Hatta mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Tugu Proklamasi berdiri di area kompleks Taman Proklamasi di Jalan Proklamasi (dulunya Jalan Pegangsaan Timur No. 56 di mana rumah Sukarno berada), Jakarta Pusat.

Pada kompleks juga terdapat monumen dua patung Sukarno dan Hatta berukuran besar yang berdiri berdampingan, mirip dengan dokumentasi foto saat naskah proklamasi pertama kali dibacakan. Di tengah-tengah dua patung tersebut terdapat replika naskah proklamasi yang terbuat dari lempengan batu marmer hitam, dengan susunan dan bentuk tulisan mirip dengan ketikan naskah aslinya. Juga terdapat 17 pilar di belakang patung Sukarno – Hatta yang menyimbolkan tanggal kemerdekaan Indonesia.

Setelah era reformasi, tugu ini tak hanya menjadi tempat yang spesial saat Hari Kemerdekaan RI tiap tahun, tapi juga menjadi tempat pilihan bagi para demonstran untuk menyuarakan pendapat-pendapatnya. Saat sore hari, banyak penduduk sekitar yang datang berkunjung. Baik untuk berolahraga, bercengkerama, atau hanya sekadar duduk-duduk sambil menunngu malam tiba. Anak-anak pun senang bermain di sini.

Address

Jl. Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat


Operational Hours

Selasa – Minggu: 08.00 – 20.00 WIB


SEE MAP