< FYI

Turunkan Berat Badan Secara Aman dengan Diet Golongan Darah

Turunkan Berat Badan Secara Aman dengan Diet Golongan Darah

FYI

Tidak hanya menjadi gaya hidup sehat, diet merupakan salah satu cara untuk mendapatkan sekaligus mempertahankan berat badan ideal. Diet sendiri mungkin bisa diartikan sebagai kebiasaan mengonsumsi makanan yang menjadi gaya hidup sehari-hari. Ada banyak sekali jenis diet yang cukup hits, salah satunya diet golongan darah.

Ditemukan oleh Peter J. D’Adamo, seorang dokter naturopathic yang menganggap bahwa golongan darah cukup berpengaruh terhadap banyak proses dalam tubuh. Menurut D’Adamo, makanan yang tepat berdasarkan golongan darah diikuti dengan olahraga dapat membantu turunkan berat badan secara aman dan efektif.

Sesuai dengan namanya, setiap golongan darah memiliki daftar makanan yang baik dan pantang dikonsumsi. Pemilik golongan darah O diketahui memiliki kadar asam lambung yang cukup tinggi, sehingga protein hewani dan lemak seperti daging, telur, makanan laut dapat dicerna dengan mudah. Namun, pemilik golongan darah ini tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu dan olahannya, kembang kol dan gandum karena dapat menghambat sistem metabolisme tubuh.

Sementara bagi pemilik golongan darah A dengan sistem kekebalan tubuh lebih sensitif dibanding golongan darah lain, disarankan untuk mengonsumsi protein nabati, biji-bijian, buah dan sayur. Akan jauh lebih maksimal hasilnya jika diimbangi dengan olahraga meditasi, seperti yoga.

Tidak jauh berbeda dengan pemilik golongan darah A, golongan darah AB juga tidak dianjurkan mengonsumsi protein hewani karena kadar asam lambungnya rendah. Selain daging, pemilik golongan darah AB juga tidak dianjurkan mengonsumsi alkohol dan kafein berlebih. Sumber makanan terbaik untuk pemilik golongan darah AB adalah sayur, makanan laut, susu dan tahu.

Terakhir, golongan darah yang dikenal lebih fleksibel dibanding golongan darah lain, B dapat mengonsumsi telur, daging merah, susu dan produk olahannya dan sayuran. Adapun makanan yang harus dihindari oleh golongan darah B antara lain gandum, udang, ayam dan kacang tanah.