< Business

Usaha Kecil-kecilan yang Cocok untuk Milenial

Usaha Kecil-kecilan yang Cocok untuk Milenial

Business

Di era serba canggih dan digital seperti sekarang ini, peluang membuka usaha dengan modal minim semakin besar. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi para milenial yang hobi berselancar di dunia maya untuk membuka usaha mereka sendiri. Bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil adalah bisnis online. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa toko atau karyawan penjaga toko. Anda hanya membutuhkan smartphone, internet dan media sosial. Untuk ide bisnisnya, bisa Anda lihat di bawah ini!

1. Pulsa dan Paket Internet
Hampir semua orang kini menggunakan telepon seluler. Dan seperti yang kita tahu, ponsel tanpa pulsa tidak ada gunanya. Begitu juga dengan ponsel pintar, tanpa paket internet smartphone juga tidak banyak berfungsi. Anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai lahan untuk menambah pemasukan. Tak perlu modal banyak, cukup ratusan ribu saja, sudah bisa Anda gunakan untuk mengisi saldo dan melakukan transaksi menggunakan ponsel. Anda bisa menawarkan jasa jual beli pulsa dan paket internet ke orang-orang terdekat Anda, seperti keluarga, tetangga dan sahabat melalui Whatsapp, Line, atau BBM.

2. Makeup Artist
MuA saat ini tengah menjadi jasa kecantikan yang sangat digandrungi. Banyak wanita yang membutuhkan jasa merias wajah ini untuk merayakan momen bahagianya, seperti wisuda, tunangan, ulang tahun, dan masih banyak lagi.

Pertama-tama, Anda bisa memulainya dengan memberikan jasa rias gratis untuk orang terdekat. Jika hasilnya memuaskan, Anda bisa menggunakan sistem mulut-ke-mulut untuk mempromosikan bisnis MuA Anda. Tak ketinggalan, promosikan juga hasil makeup Anda melalui media sosial, agar semakin banyak orang yang melihat keahlian Anda dalam tata rias dan tertarik menggunakan jasa Anda.  

3. Reseller Pakaian atau Aksesoris
Jenis usaha modal murah lainnya adalah menjadi reseller. Caranya cukup mudah, kok. Anda hanya perlu menemukan supplier yang menjual pakaian atau aksesoris, lalu Anda jual kembali dengan menaikkan harga 5 – 10% dari harga yang mereka jual. Media sosial seperti Instagram bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis online shop Anda.

Tak jarang, ada juga supplier yang bersedia mengirimkan langsung produk yang Anda jual ke alamat pembeli atau yang biasa disebut dropshipping. Anda pun bisa menjual produk tanpa harus memiliki stok barang itu sendiri dan tidak perlu repot-repot mengirim produk tersebut ke pelanggan.

4. Menjual Kerajinan Tangan
Jika Anda gemar membuat kerajinan tangan seperti gelang, kalung, atau tas kecil, maka Anda bisa memanfaatkan keahlian ini untuk dijadikan sebagai bisnis. Gunakan keterampilan Anda semaksimal mungkin untuk membuat produk yang unik dan menarik, lalu pasarkan melalui akun media sosial Anda.

5. Jasa Fotografer
Anda jago fotografi dan memiliki kamera professional sendiri? Manfaatkan keahlian ini untuk menghasilkan uang. Anda bisa membuka jasa foto pre wedding, iklan produk, dan lain sebagainya. Gunakan media sosial untuk memajang karya-karya fotografi terbaik Anda untuk menarik perhatian calon pelanggan. Jangan sungkan meminta bantuan orang-orang terdekat untuk mempromosikan keahlian Anda.

Sebagai pemula, tak perlu mematok harga tinggi, agar calon klien tertarik menggunakan jasa Anda. Jika membutuhkan peralatan tambahan, Anda bisa menyewanya, apalagi sekarang semakin banyak yang menawarkan jasa sewa kamera hingga peralatan pendukungnya.