Wednesday, December 11, 2019
Bisnis
Bisnis

WeLearn, Platform untuk Perempuan yang Ingin Berwirausaha

Spectr News Theme Isny Dewi R.
12, November 2019
165

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian dengan kontribusi yang tinggi bagi pendirian bisnis (99%) dan PDB (60%) pada tahun 2018. Tahun lalu, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 57,83 juta dan 60% di antaranya dikelola oleh perempuan atau setara dengan 37 juta perempuan wirausaha.

Meski begitu, masih banyak juga perempuan Indonesia yang bingung bagaimana cara memulai hingga mengembangkan bisnis mereka. Melihat hal ini, UN Women dan Sunlight dari Unilever, meluncurkan WeLearn, platform online untuk meningkatkan kesempatan belajar yang setara, serta melakukan pemberdayaan terhadap perempuan yang ingin memulai atau mengembangkan bisnisnya melalui pengembangan keterampilan.

Platform ini menawarkan materi pembelajaran gratis berbasis keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar perempuan, serta memberikan akses ke komunitas belajar. Dirancang bersama dengan perempuan wirausaha dan bekerja sama dengan pakar industri, kurikulum WeLearn tersedia dalam berbagai format untuk membantu perempuan menjalankan dan menyelesaikan materi dan modul yang ada, serta tentunya disesuaikan dengan kemampuan menyelesaikan dan lama waktu yang dimiliki.

Kolaborasi antara UN Women dan Sunlight ini bertujuan untuk melakukan pemberdayaan terhadap sedikitnya 5,000 perempuan wirausaha dan perempuan yang ingin berwirausaha yang berlokasi di tiga kota besar, Jakarta, Yogyakarta, dan Malang.

Sebagai langkah awal, WeLearn menyediakan materi terkait wirausaha yang ditujukan kepada perempuan yang ingin mempelajari cara menyiapkan dan memulai bisnis mereka. WeLearn juga telah melewati tahap uji coba yang dilakukan oleh perempuan wirausaha untuk mengetahui apakah platform tersebut ramah bagi pengguna atau tidak.

Ke depannya, WeLearn akan menyediakan lebih banyak materi terkait wirausaha dan kepemimpinan bagi perempuan yang tertarik untuk mengembangkan bisnisnya. Jika Anda perempuan yang tertarik dengan platform ini, Anda bisa mengunjungi laman welearn.unwomen.org untuk belajar lebih banyak mengenai bisnis.

Photo Credit: Instagram @unileveridn

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration