< Technology

WhatsApp Rilis Fitur Hapus Pesan yang Sudah Terkirim

WhatsApp Rilis Fitur Hapus Pesan yang Sudah Terkirim

Technology

Sejak tahun 2016 lalu, WhatsApp mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna menarik kembali pesan yang terlanjur dikirim, baik untuk chat personal maupun grup. Fitur yang diberi nama Deleting Messages for Everyone ini sudah lama dinanti-nanti, dan mulai akhir Oktober lalu sudah dirilis untuk semua pengguna.

Fitur ini berguna saat Anda mengirim pesan ke orang yang salah atau ketika isi pesan itu sendiri yang salah.

Saat Anda menghapus pesan yang terlanjur dikirim itu, sang penerima tak akan melihat pesan tersebut. Namun penerima akan mendapatkan pemberitahuan berbunyi “this message was deleted” atau “pesan ini telah dihapus”.

Perlu dicatat, pesan hanya bisa ditarik kembali dalam kurun waktu maksimal tujuh menit setelah Anda mengirim pesan tersebut. Fitur ini tersedia di platform Android, iOS, hingga Windows Phone.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Pertama-tama buka aplikasi WhatsApp, lalu tekan lama pesan yang ingin Anda tarik kembali. Pesan itu bisa tunggal maupun banyak sekaligus.

Pilih ikon tong sampah yang terdapat di bagian atas. Nantinya Anda akan mendapati pilihan apakah ingin “hapus untuk semua orang” atau “hapus untuk saya”.

Ketika memilih “hapus untuk semua” atau “delete for everyone”, WhatsApp akan menarik pesan yang terlanjur Anda kirim sehingga Anda dan penerima tidak dapat membacanya. Jika penerima terlanjur membaca, setidaknya ia tak bisa menyimpan pesan tersebut, karena pada chat history sudah terhapus.

Jika fitur ini belum ada di aplikasi WhatsApp Anda, Anda bisa memperbaruinya terlebih dulu. Selamat mencoba!