< People

William Tanuwijaya Mengembangkan Bisnis Indonesia Secara Online

William Tanuwijaya Mengembangkan Bisnis Indonesia Secara Online

People

Sosok William dikenal sebagai co-founder dari situs jual beli saat ini tengah berkembang dan populer di kalangan masyarakat,  Tokopedia.  William mendirikan Tokopedia bersama Leontinus Alpha Edison hingga kini menjadi sebuah situs e-commerce yang terbilang sukses dengan ribuan pengguna dan milayaran rupiah total transaksi per tahun. Tokopedia didirikan pada tangal 6 Februari 2009 tersebut dan mulai dibuka ke publik pada 17 Agustus 2009, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

William menamatkan pendidikan di Universitas Bina Nusantara pada tahun 2003. Setelah lulus, ia bekerja sebagai game developer di PT. Boleh Net Indonesia. Karirnya semakin meningkat ketika ia menjadi software developer di beberapa perusahaan ternama di Jakarta. Tahun 2007-2008 merupakan masa-masa yang signifikan bagi perjalanan karier William, pada saat itu ia menjadi super moderator di situs forum Kafegaul yang menginspirasinya untuk menciptakan sebuah bisnis online marketplace.

William tergerak untuk menciptakan situs jual beli yang aman, setelah sebelumnya merasa prihatin dengan banyaknya kasus penipuan yang terjadi. Pada awal pembentukan Tokopedia, William tidak jarang menerima cibiran dan sindiran. Banyak yang beranggapan bahwa Tokopedia tidak akan bertahan dalam waktu lama. Namun kerja keras William dan Leon berhasil mematahkan asumsi tersebut, dengan menjadikan Tokopedia sebagai salah satu perusahaan internet di Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.

Pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama  di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan Soft Bank Internet and Media Inc (SIMI). Atas peranannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, PT. Tokopedia sukses meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-commerce pada ajang Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014.