< Recreation

Wisata Religi di Masjid Peninggalan Belanda

Wisata Religi di Masjid Peninggalan Belanda

Recreation

Selain jalan-jalan ke mal, mengunjungi tempat wisata religi bisa jadi pilihan alternatif untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan. Di Jakarta sendiri terdapat beberapa tempat wisata yang ditetapkan sebagai cagar budaya, termasuk masjid satu ini.

Masjid Cut Meutia ditetapkan sebagai cagar budaya karena sejarahnya. Masjid yang berada di Jalan Taman Cut Mutiah No. 1, Menteng, Jakarta Pusat ini merupakan peninggalan zaman penjajahan kolonial Belanda. Tidak mengherankan jika arsitektur bangunannya sangat kental dengan eleman dan ornamen yang digunakan oleh bangunan kolonial pada zaman tersebut.

 

photo source: https://www.instagram.com/ramadhanjazz/?hl=en

Bangunan masjid yang juga dihias dengan kaligrafi ini pernah digunakan sebagai gedung pemerintahan Belanda, kantor pos Belanda, kantor angkatan laut Jepang, kantor urusan agama hingga Sekretariat Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara setelah Indonesia merdeka.

Masjid Cut Meutia dapat menampung hingga 3.000 jamaah. Yang menjadikan masjid ini semakin menarik adalah kegiatan yang diadakan, baik kegiatan agama, seperti pengajian hingga hiburan, seperti Ramadhan Jazz Festival yang rutin diadakan sejak tahun 2010.

photo source: travelingyuk.com

Bagi para pecinta kuliner, tepat di belakang masjid juga terdapat banyak sekali pilihan kuliner, mulai dari jajanan pasar, gorengan, sop buntut legendaris Cut Meutia hingga restoran mewah.

Masjid Cut Meutia ini bisa diakses dengan menggunakan berbagai transportasi umum, seperti bus dan kereta. Jika menggunakan kereta, Anda bisa turun di Stasiun Gondangdia, sementara jika menggunakan TransJakarta bisa turun di halte dekat Taman Menteng.

 

Address

Jalan Taman Cut Mutiah No. 1, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat 10350


SEE MAP