< Recreation

Wisata Sejarah Batavia di Galangan VOC

Wisata Sejarah Batavia di Galangan VOC

Recreation

62216670981

Perusahaan dagang Hindia Belanda, VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memonopoli perdagangan di Asia pada era tahun 1602-1799. Indonesia juga memiliki sejarah dengan VOC, di mana VOC melakukan kolonisasi pada pemukiman kerajaan-kerajaan di Jawa, Sumatera, dan Maluku pada abad ke-16.


Photo source: globetrofler.blogspot.com

Sampai saat ini masih ada beberapa peninggalan sejarah VOC di Indonesia, salah satunya adalah Galangan VOC di daerah Penjaringan, Jakarta Utara. Galangan VOC dahulu pernah digunakan oleh Belanda sebagai kantor pusat kegiatan VOC sebagai perusahaan dagang. Bangunan ini diperkirakan dibangun pada tahun 1628 yang juga menjadi gudang barang-barang keperluan galangan kapal di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu.  Galangan VOC yang dulu terletak di pinggir aliran air laut ini juga menjadi bengkel bagi kapal-kapal besar yang akan melaut berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lamanya. Beberapa kapal kecil juga pernah dibuat di tempat ini.


Photo source: http://jakarta100bars.com

Sekarang, bangunan dua lantai yang dimiliki oleh perorangan ini memiliki sebuah restoran di dalamnya. Restorannya pun bernuansa penuh sejarah dengan foto-foto Batavia pada masa Belanda. Bangunan ini turut menjadi cagar budaya, oleh karena itu sang pemilik Galangan VOC sekarang tidak boleh merobohkan bangunan ini demi menjaga bentuk aslinya. Bagi Anda yang ingin mengenal sejarah Batavia dapat mengunjungi tempat ini.

Address

Jl. Kakap No 1 Jakarta Utara, Penjaringan, Jakarta Utara 14440


Phone

62216670981


SEE MAP