< Recreation

Objek Wisata Penuh Sejarah

Objek Wisata Penuh Sejarah

Recreation 08.00

Si Pitung adalah seorang legenda masyarakat asal Betawi yang hidup pada zaman Belanda dan dikenal sebagai pendekar yang suka menolong masyarakat.

Setidaknya, itu cerita menurut versi Indonesia. Sedangkan menurut versi Belanda, Pitung dikenal sebagai seorang penjahat karena dahulu kala Pitung suka mencuri dari orang-orang kaya termasuk orang Belanda untuk membantu para orang miskin. Namun, kebenaran ceritanya pun hingga kini masih menjadi misteri karena terdapat banyak versi.

Nah, bagi Anda yang penasaran, ada sebuah rumah yang diyakini sebagai peninggalan Pitung. Rumah yang kini dijadikan sebagai objek wisata ini adalah Rumah Si Pitung yang terletak di Kampung Marunda, Jakarta Utara.

Banyak orang beranggapan bahwa Pitung pernah tinggal di rumah dengan bentuk rumah panggung ini. Nyatanya, rumah ini milik pedagang kaya bernama H. Syaifuddin yang pernah dirampok oleh Pitung.

Rumah yang memiliki banyak ruangan dan berdiri di atas total lahan seluas 2.500 m2 ini kini telah dimiliki oleh Pemda DKI sejak dibeli pada tahun 1972.

Sebagai cagar budaya, Anda bisa melihat rumah ini lengkap dengan berbagai barang di dalamnya. Namun, barang tersebut hanya replika saja karena barang aslinya telah hancur karena berbagai faktor.

Anda pun akan sering melihat para pelajar mengunjungi cagar budaya ini karena sejarah pembangunan ini dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan, lho.

Ingin menambah pengetahuan mengenai budaya Betawi? Bertamu saja ke Rumah Si Pitung!

Address

Jl. Kampung Marunda Pulo, Marunda, Jakarta Utara, Indonesia


Operational Hours

08.00


SEE MAP