< Community

Women Street Photographers Geser Dominasi Kaum Pria Dalam Fotografi Jalanan

Women Street Photographers Geser Dominasi Kaum Pria Dalam Fotografi Jalanan

Community

Di zaman yang serba media sosial seperti sekarang ini membuat hampir tiap orang hobi mengabadikan momen apapun yang terjadi dalam hidup mereka. Dengan ponsel di tangan, mereka memotret, lalu mengunggahnya ke media sosial.

Tapi lain halnya jika kita berbicara soal seni fotografi profesional. Persoalan yang satu ini bak didominasi kaum adam. Apalagi dalam dunia street photography.

Menggebrak persepsi tersebut, muncul sebuah komunitas bernama Women Street Photographers. Komunitas ini mengusung kontribusi dan keterlibatan perempuan dalam seni visual, terutama fotografi jalanan.

Berawal dari gerakan bernama The Her Side of the Street, Women Street Photographers dibentuk dan mulai digaungkan dalam kancah internasional.

Women Street Photographers mendorong perempuan untuk berani muncul dan ‘turun’ ke jalan. Melalui akun Instagram mereka, para perempuan di seluruh dunia diajak untuk dapat bergabung dan berkontribusi mengirimkan hasil foto jalanan terbaik mereka.

Gaya pengambilan foto yang dipamerkan pun beragam. Beberapa dari anggota komunitas ada yang senang menggunakan tone black & white, ada juga yang lebih suka memotret dengan tambahan filter bernuansa retro. Yang pasti semua ekspresi yang dihadirkan dalam jepretan para pegiat itu diterima dan diapresiasi.

Nah, bagi Anda perempuan yang gemar memotret, tak ada salahnya bergabung dan berkenalan dengan fotografer yang juga berasal dari berbagai belahan dunia.

Sambil menyelam minum air. Sambil menyalurkan hobi, dan belajar, Anda juga bisa bersahabat dan bertukar pikiran dengan wanita-wanita dari seluruh dunia untuk menambah kemampuan. Ingat bahwa seni jalanan bukan hanya milik para lelaki.