< FYI

10 Hal Yang Harus Diketahui Mengenai Istana Merdeka   

10 Hal Yang Harus Diketahui Mengenai Istana Merdeka  

FYI Sabtu-Minggu 09.00-16.00 WIB

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istana yang yang satu ini. Ya, Istana Merdeka kerap kali dijadikan tempat prosesi acara kenegaraan sekaligus tempat tinggal resmi Presiden RI. Ada 10 hal yang harus Anda ketahui mengenai Istana Merdeka, diantaranya adalah:

  1. Pada zaman kolonial, istana ini merupakan tempat tinggal para Gubernur Jenderal Belanda pada zaman kolonial. Dibangun oleh Gubernur Jenderal J.W. Van Lansberge pada tahun 1873. Area ini memiliki tanah seluas 2400 meter persegi.
  2. Sebelum Presiden Joko Widodo, hanya ada dua presiden yang menggunakan Istana Merdeka sebagai tempat tinggalnya yaitu Presiden Soekarno dan Presiden Gus Dur
  3. Istana Merdeka disebut juga Istana Presiden dan dibagi menjadi dua bagian. Istana yang mengahadap ke arah Monas merupakan tempat presiden menerima para tamu negara serta acara-acara kenegaraan. Sedangkan Istana Presiden yang menghadap ke Jl. Veteran merupakan tempat kediaman resmi presiden.
  4. Istana ini sempat dijuluki Istana Gambir, karena banyaknya pohon gambir yang tumbuh di sekitarnya.
  5. Istilah Istana Merdeka ini mulai dikenal secara umum sejak penandatanganan naskah pengakuan Republik Indonesia Serikat (RIS) oleh Pemerintah Belanda pada 27 Desember 1949. Acara penandatanganan ini dilanjutkan dengan upacara penaikan bendera Merah Putih di halaman istana. Ketika itu ratusan ribu masyarakat Jakarta hadir di depan Istana Gambir dan bersorak gembira sambil meneriakan kata-kata, ”Merdeka! Merdeka! Merdeka!”. Nah, dari situlah nama Istana Gambir berubah menjadi Istana Merdeka.
  6. Di dalam komplek istana ini terdapat pohon tinggi dan besar yang dinamakan Ki Hujan. Pohon ini merupakan pohon trembesi yang besar berusia 144 tahun yang menarik banyak turis. Bisa dikatakan usianya lebih tua daripada Istana Merdeka sendiri dan sudah ada dari tahun 1870. Uniknya, pohon ini pernah dihantam angin puting beliung dan tidak tumbang. Kuat dan tetap berdiri kokoh. Sedangkan pohon-pohon lain di sekitarnya bertumbangan.
  7. Ruangan Jepara merupakan salah satu ruangan yang popular di gedung ini. Seluruh perabotannya berasal dari Jepara. Biasanya ruangan ini digunakan untuk penerimaan tamu dan acara-acara kenegaraan.
  8. Di sini juga terdapat ruangan khusus tempat disimpannya bendera merah putih yang asli dijahit oleh Ibu Fatmawati. Katanya tempat ini dikenal angker.
  9. Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi istana ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, jangan mengenakan sandal jepit, T-shirt, dan kacamata saat berkunjung. Kedua, Anda tidak diperkenankan membawa handphone maupun kamera. Ketiga, ketika mengelilingi istana bersama pemandu wisata rombongan turis dikawal oleh gabungan TNI dan Setneg.
  10. Selain menjadi tempat bersejarah dan juga kediaman resmi Presiden, Istana Merdeka memiliki berbagai kisah misteri yang menjadi daya tarik wisatwan. Misalnya saja TV yang mati tiba-tiba menyala sendiri pernah dialami oleh salah satu putri Gus Dur, Yeni Wahid. Lalu, pada bagian samping ruangan staf presiden terdapat ruangan yang selalu mengeluarkan bunyi suara orang bermain musik, tetapi ketika dilihat tidak ada siapa pun di sana. Bahkan pada salah satu acara kenegaraan pada era pemerintahan SBY, pernah ada meja marmer yang besar pecah secara tiba-tiba tanpa sebab. Kejadian aneh ini sudah menjadi makanan sehari-hari para staf istana. Bagaimana dengan Anda? Berani berkunjung ke sini?

Note:
*Bebas biaya masuk
*Cukup menunjukkan KTP atau SIM

Address

Jl. Veteran No. 16 (Jl. Medan Merdeka Utara) Jakarta Pusat Indonesia


Operational Hours

Sabtu-Minggu 09.00-16.00 WIB


SEE MAP