< FYI

Yang Harus Dilakukan Saat Gadget Terkena Air

Yang Harus Dilakukan Saat Gadget Terkena Air

FYI

Air merupakan penghantar listrik yang baik, sehingga air menjadi musuh utama gadget karena ketika gadget terkena air bisa membuat rusak karena adanya hubungan arus pendek. Namun, saat hal ini tak bisa dihindari, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan saat gadget terkena air. Perlu diingat kelima cara di bawah ini tidak menjamin gadget Anda akan pulih total, namun setidaknya menjauhkan dari kerusakan yang lebih fatal. Check it out!

1. Jauhkan Gadget dari Sumber Air
Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah jauhkan gadget dari sumber air. Hal ini dilakukan untuk mencegah semakin banyaknya air yang masuk ke dalam gadget Anda yang pada akhirnya bisa semakin merusak. 

2. Cabut Baterai dan SIM Card
Jika gadget Anda masih menggunakan removable battery, cepat lepaskan baterai dan juga SIM card dari gadget Anda. Karena baterai merupakan sumber listrik utama dari sebuah gadget yang memungkinkan menjadi sumber utama hubungan arus pendek saat terkena air. Jika baterai gadget Anda sudah tidak removable, bisa langsung menuju cara berikutnya. 

3. Keringkan Gadget
Kemudian keringkan bagian luar dan dalam gadget Anda dengan menggunakan lap kering. Jika Anda bisa membongkar gadget, ini lebih baik karena Anda bisa mengeringkan komponen-komponen di dalamnya. Namun ingat, hindari mengeringkan dengan menggunakan hair dryer karena udara panas yang dihantarkan dapat berbahaya bagi sirkuit elektronik yang ada di dalam gadget.  

Photo source: http://www.wikipedia.org

4. Rendam dengan Silica Gel atau Beras
Jika Anda membeli sepatu atau perlengkapan rumah tangga lainnya, pastinya pernah mendapatkan benda dengan bungkus putih bertuliskan Silica Gel. Jangan dibuang, karena benda ini bermanfaat salah satunya untuk mengeringkan gadget. Rendam gadget dengan serbuk Silica Gel ini di dalam wadah kedap udara.

Atau jika Anda tidak memiliki Silica Gel bisa memakai beras, karena beras merupakan penyerap air yang baik. Namun lebih baik, bungkus dahulu gadget Anda dengan kertas tipis agar sisa-sisa beras yang basah tidak langsung menempel ke komponen gadget Anda. 

5. Gunakan Alkohol
Karena sifat alkohol yang mudah menguap dan tidak bisa menghantarkan listrik, alkohol dapat digunakan untuk menggantikan air yang ada di dalam gadget Anda. Siram gadget Anda dengan alkohol secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Kemudian diamkan sampai alkohol menguap dengan sendirinya. Perlu dicatat bahwa alkohol yang digunakan harus alkohol yang menggunakan air suling dengan spesifikasi alkohol isopropyl dengan konsentrasi 95%.