< FYI

10 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Masjid Istiqlal   

10 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Masjid Istiqlal  

FYI

Sebagai negara yang didominasi oleh umat muslim, Indonesia memiliki sebuah bangunan masjid yang diakui sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara yaitu Masjid Istiqlal yang bertempat di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Jakarta. Namun tahukah Anda beberapa hal menarik berikut tentang Masjid Istiqlal?

  1. Pendirian Masjid Istiqlal dicanangkan setelah empat tahun seusai proklamasi dan sebutan “istiqlal” sendiri berarti merdeka.
  2. Perancang bangunan Masjid adalah seorang non-Muslim, Fredrerich Silaban yang memenangkan sayembara rancang bangun Masjid pada tahun 1955.
  3. Pembangunan masjid sengaja ditempatkan berdampingan dengan Gereja Katedral untuk mensinyalir adanya semangat persaudaraan, persatuan, dan toleransi umat beragama selayaknya yang ditulis dalam Pancasila.
  4. Arsitektur bangunan mengadaptasikan gaya Islam modern internasional dengan material baja antikarat dan marmer.
  5. Kapasitas Masjid Istiqlal sendiri cukup menampung umat sebanyak 200.000 orang.
  6. Rancangan bangunan mengandung angka dan ukuran yang bermakna dalam. Contohnya 7 gerbang untuk memasuki ruangan yang melambangkan 7 lapis langit serta 7 hari dalam seminggu. Sedangkan kubahnya berdiameter 45 meter. Angka “45” ini melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia. Kemudian kubah utama yang ditopang oleh 12 tiang. Angka “12” adalah tanggal hari kelahiran Nabi Muhammad juga berarti 12 bulan dalam setahun. Setelah itu empat tingkat balkon dengan satu lantai utama melambangkan angka 5 yang menjadi symbol lima rukun Islam  sekaligus lambang ke-5 sila Pancasila. Terakhir, dua bangunan masjid melambangkan dualisme yang saling berdampingan  dan melengkapi seperti langit dan bumi dan seperti dua bentuk hubungan antara manusia dengan Tuhan.
  7. Pada tahun 1991 digelar Festival Istiqlal pertama untuk memperkenalkan seni dan kebudayaan Islam Indonesia yang juga dihadiri perwakilan dari negara-negara lain seperti Iran, Arab Saudi, Cina, dan Uighur.
  8. Pernah terjadi peristiwa pengeboman di lantai dasar Masjid pada tahun 1999 dengan motif yang hingga sekarang belum terungkap.
  9. Para petinggi negara asing juga turut menjadi pengunjung Masjid Istiqlal. Beberapa nama di antaranya adalah Presiden Amerika Bill Clinton dan Barrack Obama.
  10. Terdapat berbagai sarana lain selain tempat beribadah seperti Perpustakaan, Poliklinik, Koperasi hingga Sarana Olahraga.