< FYI

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kurang Tidur?

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kurang Tidur?

FYI

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang dilakukan setiap malamnya. Karena tidur sangat bermanfaat untuk membuat tubuh kembali relaks, tentunya ada hal-hal yang terjadi apabila Anda kurang tidur. Apa saja? Simak artikel berikut!

1. Susah Fokus
Pada saat Anda kurang tidur, mata akan susah mengidentifikasi objek. Anda akan merasa bingung pada saat melihat sebuah objek. Hal ini terjadi karena pengaruh dari otak sehingga akan susah berkonsentrasi dan kemampuan mengingat dan memproses informasi baru akan menurun. 

2. Memicu Risiko Stroke
Normalnya orang dewasa harus tidur 7-8 jam sehari. Seseorang yang tidur di bawah 6 jam sehari dapat meningkatkan risiko stroke sebanyak 4,5 kali pada dirinya sendiri. Menurut penelitian, gangguan tidur dapat menyebabkan peradangan, peningkatan tekanan darah, deregulasi metabolisme, sehingga mengganggu kesehatan kardiovaskular seseorang. 

3. Jam Piket Organ Terganggu
Tahukah Anda setiap organ di tubuh kita memiliki jam piketnya masing-masing? Pada saat kita tidur pun, organ tubuh tetap menjalani jam piketnya. Nah, apabila kita kurang tidur, jam piket organ pun dapat terganggu. Misalnya apabila kita belum tidur pada jam 1 hingga jam 3 pagi, jam piket organ hati yang melakukan pembuangan racun hasil metabolisme pun akan terganggu. Atau pada saat jam 11 malam hingga jam 1 pagi, adalah giliran jam piket jantung. Apabila Anda begadang akan melemahkan fungsi jantung. 

4. Sakit Kepala
Jika Anda kurang tidur, kepala akan terasa berat hingga Anda merasa pusing atau mengalami migrain. Hal ini terjadi karena tubuh yang kurang istirahat. Atau sampai-sampai Anda dapat mengalami sleep apnea, yaitu gangguan pernapasan pada saat tidur. 

5. Halusinasi Tinggi
Pada saat Anda kurang tidur, mata Anda akan mengalami gangguan. Sehingga Anda dapat mengalami halusinasi seperti penglihatan ganda ataupun melihat “penampakan” yang aneh-aneh. Makin lama seseorang terjaga, akan makin mudah juga untuk mengalami derita gangguan penglihatan.