< People

Yansen Kamto Mulailah dengan Semangat Memberi

Yansen Kamto Mulailah dengan Semangat Memberi

People

Beberapa orang menjadi seorang entrepreneur untuk berbisnis, beberapa lainnya bertujuan untuk memberi manfaat bagi sekitarnya. Tipe yang kedua mungkin yang lebih cocok untuk merepresentasikan sosok Yansen Kamto, CEO sekaligus founder KIBAR. 

KIBAR adalah perusahaan konsultan IT yang tergabung dalam Google Developer Groups (GDG) di Indonesia yang saat ini memiliki kantor di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Perusahaan ini terlibat dalam berbagai kegiatan yang Google adakan di Indonesia, antara Google Business Group, Blogger Nusantara, Women Wired Weekend, GeekFest, dan berbagai program Google lainnya. Saat ini KIBAR telah memiliki 18 anak perusahaan, satu di antaranya adalah FemaleDev, sebuah komunitas yang mewadahi para wanita pengembang aplikasi di tanah air.

Sebagai satu-satunya partner resmi Google di Indonesia, KIBAR telah melalui proses yang sangat panjang. Yansen mengawali usahanya dengan menjadi sukarela untuk sebuah acara yang diselenggarakan oleh Google. Dari ilmu dan pengalaman yang ia dapatkan, pria yang lahir pada 3 Agustus 1981 tersebut terinspirasi untuk menciptakan startup yang dapat membangun dan memajukan Indonesia melalui inovasi teknologi.

Kendala yang pertama kali dihadapi oleh Yansen adalah membangun trust dari pihak yang akan menjadi partner. Untuk menghadapi hal ini, kuncinya adalah komitmen dan dedikasi untuk melakukan yang terbaik. Selain itu, Yansen juga harus senantiasa mengembangkan diri dan timnya agar bisa menjadi semakin baik dari waktu ke waktu.

Berkat jiwa altruistik yang dipadukan dengan kerja keras, impian Yansen secara perlahan mulai terwujud. Seperti yang ia tuturkan, jangan pernah berpikir untuk mendapatkan keuntungan tetapi berpikirlah untuk selalu menjadi solusi bagi masalah yang ada.