< Technology

YouTube Gaming Apps Hadir di Jepang

YouTube Gaming Apps Hadir di Jepang

Technology

YouTube secara resmi merilis gaming apps di Jepang. Hal ini tidak mengherankan mengingat 6 dari 10 saluran YouTube terfavorit di negara tersebut termasuk dalam kategori gaming. Jepang juga termasuk dalam 10 negara di dunia dengan jumlah waktu terbanyak dalam menonton video YouTube. Dari tahun 2013 hingga 2014, total waktu menonton bahkan meningkat hingga 60%.

Setelah Inggris dan Amerika Serikat, Jepang menjadi salah satu negara pertama yang memperoleh gaming video dan live-streaming app dalam bahasa lokal. Ryan Watt, kepala divisi gaming YouTube global mengungkapkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan beberapa bintang YouTube Jepang. Beberapa di antaranya adalah Hikakin, Max Murai, dan Hajime.

Hikakin memiliki 4 saluran dengan total 5,9 juta subcriber. Sebelumnya Hikakin pernah mengulas tentang mobile game Chariso DX dan sukses mengantarkannya menjadi game terlaris di App Store.

Max Murai mencapai angka 500 juta view per tahun setelah membuka akun YouTube-nya. Ia juga telah meluncurkan sebuah otobiografi dan merilis sebuah lagu bersama Sony Music. Murai kini sedang menggalang dana untuk menciptakan sebuah film.

Hajime yang terkenal dengan video ‘let’s play’ sebelumnya telah meluncurkan mobile game-nya sendiri. Game tersebut menempati urutan teratas pada kategori casual gaming di Google Play dan menjadi pemuncak di App Store.

YouTube Gaming yang diumumkan pada bulan Juni ini tampak secara jelas diciptakan untuk menyaingi Twitch. Twitch yang kini diakuisisi Amazon merupakan situs live-streaming tentang gaming terbesar yang tersedia dalam 28 bahasa.