Wednesday, December 11, 2019
Event
Event

Yuk Ramaikan Pekan Kebudayaan Nasional 2019!

Spectr News Theme Isny Dewi R.
10, October 2019
359

Pekan Kebudayaan Nasional 2019 resmi dibuka pada Senin malam (7/10) oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Acara ini akan berlangsung hingga Minggu, 13 Oktober 2019 di Kompleks Istora Senayan, Jakarta Pusat, dengan tema Ruang Bersama Indonesia Bahagia. 

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) memainkan peranan penting untuk menjaga semangat inklusif dan kebhinekaan. PKN berperan menjadi sebuah jaringan kerja kebudayaan dan platform tempat semua pelaku dan pemangku kepentingan dapat terlibat dalam upaya memajukan kebudayaan Indonesia.

"Dibangun secara berjenjang dari Pekan Kebudayaan Daerah di tiap-tiap kabupaten/kota dan provinsi, Pekan Kebudayaan Nasional merupakan perhelatan budaya terbesar yang kita miliki saat ini," ujarnya.

Muhadjir menambahkan, Pekan Kebudayaan Nasional akan digelar secara periodik setiap tahun. Ia berharap event tersebut akan menjadi event yang mendunia, dan menjadi event terbesar setiap tahun yang dimulai dari jenjang kabupaten/kota dan provinsi.

Sementara itu, menurut Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi, kegiatan ini merupakan surga bagi para pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri. "Mau makanan ada banyak, pelestarian budaya juga ada, segala macam yang positif ada. Mari kita budayakan supaya Indonesia jadi tujuan wisata dunia," ucap Didik. Ia berharap perhelatan ini tidak hanya menjadi acara kebudayaan, tetapi bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia.

Pergelaran ini terdiri dari sejumlah kegiatan utama, yaitu Kompetisi Daerah, Kompetisi Nasional, Konferensi Pemajuan Kebudayaan, Ekshibisi Kebudayaan, Pergelaran Karya Budaya Bangsa, dan Parade Budaya. Rangkaian acara PKN mencakup 10 kompetisi, 27 konferensi, 120 pertunjukan, dan 24 pameran. Selain itu, ada pula seminar dan komunitas dari seluruh Indonesia. Secara keseluruhan, terdapat 245 pentas pertunjukan.

Musisi-musisi ternama Tanah Air juga turut memeriahkan acara ini, antara lain Danilla Riyadi, The Sigit, hingga “Godfather of Broken Heart” Didi Kempot. Pada perayaan puncak Pekan Kebudayaan Nasional 2019, akan digelar pawai budaya yang melibatkan 3.500 peserta dari 26 provinsi. Dikabarkan, dalam kesempatan tersebut akan hadir Presiden RI Joko Widodo.

Jika Anda tertarik datang, pastikan mendaftar terlebih dulu melalui pkn.kebudayaan.id atau langsung di Istora Senayan. Jangan khawatir, pendaftarannya gratis lho!

 

Top Photo Source: Instagram @budayasaya

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration